VSC FKH UGM

Kabinet Excelecta | Restorasi Penalaran !

MEDIA

Belajar Canva Bareng Cikgu: Mengasah Skill dan Meningkatkan Kreativitas Desain Grafis untuk Menghadapi Era Society 5.0

Belajar Canva Bareng Cikgu: Mengasah Skill dan Kreativitas Desain Grafis untuk Menghadapi Era Society 5.0

Pada hari Minggu, 17 Juli 2022 s.d. Minggu, 31 Juli 2022 telah dilaksanakan kegiatan Belajar Canva Bareng Cikgu (BC)2 yang diadakan dalam bentuk webinar online dan lomba microblog oleh Departemen Media VSC FKH melalui platform Zoom Meeting dan akun media sosial VSC. Belajar Canva Bareng Cikgu (BC)2 sendiri merupakan program kerja tahunan yang dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh anggota VSC FKH UGM dan peserta webinar dapat mengoptimalkan kemampuan desain grafis menggunakan aplikasi Canva. Pada kesempatan ini, webinar Belajar Canva Bareng Cikgu (BC)2 dilaksanakan dengan tema Mengasah Skill dan Meningkatkan Kreativitas Desain Grafis untuk Menghadapi Era Society 5.0 dengan pembicara Muhammad Muttaqin Hidayatulloh selaku Digital Creator Instagram @creativsigner. Acara berlangsung pada tanggal 17 Juli 2022, pukul 13.00 – 15.40 WIB. Sedangkan lomba microblog dilaksanakan dengan topik Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak di Indonesia pada tanggal 18 – 31 Juli 2022.

Sesi pemaparan materi webinar diawali dengan pembukaan yaitu penjelasan mengenai pentingnya seseorang mempelajari skill desain, dilanjutkan dengan pengenalan desain grafis, pengenalan microblog, dan terakhir pengenalan aplikasi Canva. Pemaparan mengenai desain grafis dijelaskan secara detail mulai dari pengertian desain grafis, tiga prinsip kerja desain grafis, pengertian serta tips pemilihan warna dan font pada desain grafis. Pada sesi microblog, dijelaskan mengenai pengertian, struktur, dan beberapa contoh desain microblog yang baik. Selanjutnya, pada sesi aplikasi Canva, dijelaskan mengenai pengertian, fitur-fitur, serta cara pengoperasian aplikasi Canva. Kemudian, sesi pemaparan materi disusul dengan sesi kuis pertama berupa kuis lisan bersama pembicara dan diambil satu orang pemenang.

Sesi setelahnya adalah sesi tanya jawab dan diskusi materi dengan pembicara. Setelah sesi tanya jawab dan diskusi selesai, dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat pembicara disertai dengan foto bersama. Terdapat juga kuis kedua yang dilakukan setelah sesi foto bersama untuk menguji kemampuan peserta webinar mengenai materi yang telah disampaikan. Sesi kuis kedua dilakukan menggunakan platform Quiziz dan diambil dua orang pemenang. Setelah webinar selesai, terdapat lomba microblog dengan peserta anggota VSC FKH UGM yang dilaksanakan pada tanggal 18 s.d. 31 Juli 2022, dengan rincian 18 s.d 26 Juli 2022 pengumpulan karya, 27 s.d. 31 Juli 2022 penjurian karya, dan 1 Agustus 2022 pengumuman pemenang lomba microblog. Pada lomba ini diambil tiga karya terbaik sebagai pemenang.

Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan webinar online dan lomba microblog Belajar Canva Bareng Cikgu (BC)2 ini, peserta yang berasal dari kalangan umum dan anggota VSC FKH UGM, mendapatkan bekal untuk mengoptimalkan kreativitas dan kemampuan desain grafis menggunakan Aplikasi Canva dalam menghadapi Era Society 5.0.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.