VSC FKH UGM

Kabinet Excelecta | Restorasi Penalaran !

Penelitian

Pelatihan Hewan Laboratorium: Get to Know Laboratory Animal Better: Mice and Rat

Pelatihan Hewan Laboratorium: Get to Know Laboratory Animal Better: Mice and Rat

Pelatihan Hewan Laboratorium atau kerap disebut PHL merupakan program kerja tahunan Departemen Penelitian VSC FKH UGM yang bertujuan meningkatkan kemampuan anggota dalam menangani hewan-hewan laboratorium. Tahun ini, PHL kembali dilaksanakan secara luring dengan tema “Get to Know Laboratory Animal Better: Mice and Rat”

Dilaksanakan pada 15 Oktober 2022 di Laboratorium Hewan FKH UGM, PHL menghadirkan dua orang mentor, yakni Kak Megi dan Kak Tika. Kak Megi dan Kak Tika merupakan alumni VSC FKH UGM yang saat ini sedang menjabat sebagai asisten di Laboratorium Patologi Klinik, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada.

Pada kesempatan ini, Kak Megi dan Kak Tika berbagi ilmu mengenai prosedur penanganan hewan laboratorium mencit, meliputi langkah handling dan restrain, cara sexing, macam-macam jalur injeksi dan cara melakukannya, metode authanasi, dan prosedur melakukan nekropsi. Selain itu, Kak Megi dan Kak Tika juga melakukan demonstrasi langsung di depan peserta.

Setelah pembekalan materi oleh mentor, peserta dibagi menjadi kelompok kecil untuk sesi diskusi dan praktik. Di dalam kelompok tersebut, peserta mendapat kesempatan untuk berdiskusi dan mempraktikan langsung materi yang telah disampaikan, mulai dari handling dan restrain hingga nekropsi. Masing-masing kelompok terdiri dari tiga peserta dengan didampingi satu fasilitator.

PHL ditutup dengan sesi kuis dan dokumentasi. Kuis lisan diadakan untuk mengetahui seberapa jauh peserta memahami materi yang telah disampaikan dan dipraktikkan. Tidak lupa setiap peserta yang berhasil menjawab akan mendapat apresiasi dan hadiah. Berikut dokumentasi keseruan PHL tahun ini.

Sejauh ini, PHL telah terlaksana dengan sangat baik dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para calon dokter hewan mengingat pentingnya pemahaman dan keterampilan mengenai penanganan hewan laboratorium sebelum melakukan penelitian dan mengurus surat izin penelitian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.